Pages

Cara Agar Ikan Arwana Berusia Panjang

Cara Agar Ikan Arwana Berusia Panjang
Cara Agar Ikan Arwana Berusia PanjangHai hai, para pembaca "Nyeloteh Ikan", maaf baru bisa posting artikel lagi. Kali ini Nyeloteh Ikan akan membicarakan tentang Usia Hidup Ikan Arwana. Memang berapa lama sih ikan ini dapat bertahan hidup? 

Osteoglasidae atau lebih dikenal dengan sebutan ikan lidah bertulang alias ikan Arwana ini mempunyai rata-rata hidup 5 s/d 10 tahun untuk segala jenisnya. Usia tersebut tergolong cukup pendek jika dikaitkan dengan berapa banyak kocek yang harus dikeluarkan untuk memelihara satu ekornya saja. Kekawatiran tentunya muncul dengan sendirinya dibenak para maniak ikan hias akan dampak ke depan untuk ekonomi mereka. Padahal sebenarnya ikan hias ini dapat bertahan hidup hingga 30 tahun bahkan lebih, tergantung cara perawatannya. Mau tahu resepnya? 

Berikut tips memperpanjang usia hidup ikan Arwana:

Sering-seringlah ajak berpuasa seperti halnya dengan manusia. Dengan sering berpuasa ikan akan menjadi lebih kuat dalam suhu atau cuaca apa pun, tentunya akan memperpanjang usia hidupnya. Hal tersebut lebih kurang juga disampaikan oleh bapak Agus H.Tjakrawidjaya, seorang peneliti dan pelaksana budi daya ikan Arwana, Program Ilmu Teknologi dan Pengetahuan di Daerah (Iptekda). Ikan Arwana harus di ajak berpuasa untuk menjaga stabilitas berat badan supaya metabolisme atau pergerakan ikan tetap terjaga, sehingga lebih lama hidup. 

Aturlah pola makan yang terbaik. Misalnya pemberian katak/ikan mas/usus ayam sebagai makannya itu dalam sehari 2 kali dengan selingan berpuasa. Hari ini makan, besok puasa, lusa makan, besoknya lagi puasa. Itulah cara supaya ikan tidak mengalami kegemukan, karena lemak akibat kegemukan akan mengganggu kantong pernapasan tentunya dapat memperpendek usia hidupnya. Di samping itu, bagi pecinta ikan hias juga harus selalu memperhatikan kebersihan air dan kadar oksigen yang terdapat di dalam aquarium (hasil filtrasi).