Pages

Macam dan Jenis Ikan Koki Paling Cantik

Macam dan Jenis Ikan Koki Paling CantikKeanekaragaman ikan memang tidaklah mudah untuk dihitung berapa jumlahnya. Seiring dengan berjalannya waktu, aneka spesies baru khususnya jenis ikan maskoki (goldfish) semakin bertambah. Koki dalam bahasa latin disebut Catassius Auratus ini memiliki banyak varian, diantaranya adalah:

Blackmoor 

 Bila dilihat dari bentuk tubuh memang tidak ada yang aneh, karena tubuhnya sama dangan koki jenis ekor rumbai (veiltail). Tetapi ciri khasnya adalah warna tubuhnya yang hitam pekat.


Fantail/Ringetail/Ryukin

 
Di Jepang, fantail menduduki urutan kedua sebagai koki tersohor setelah lionhead (kepala singa). Memiliki ekor kembar menyerupai bunga yang sedang mekar dan panjang seperti halnya ekor koki veltail alias tosa (ekor rumbai). Ikan koki jenis ini memiliki sirip punggung yang bentuknya tegak, dua buah sirip dada dan ditambah dua sirip anus. 


Lionhead 

Ciri khas jenis ialah punggungnya tanpa sirip dan bentuk tubuhnya pendek. Bila diperhatikan punggungnya, maka tampak sedikit cembung dan ekornya melengkung. Siripnya terutama sirip dada dan perutnya kecil-kecil, sedangkan ekornya pendek, mekar seperti telapak tangan yang dibalikan.

Mata Balon (bubble-eye)

Ciri khasnya adalah adanya gelembung di bawah pelapuk matanya. Gelembung ini terdiri dari kantung yang berisi cairan yang mudah pecah dan rusak. Namun demikian, hal itu bukan lah yang serius karena beberapa minggu kemudian kantung ini akan pulih dan menggelembung kembali seperti sediakala.

Mata Teleskop (telescope eye/moor)

Kenapa namanya dinamakan ikan koki jenis telescope? karena ikan koki ini memiliki mata seolah-olah sedang menggunakan teleskop. Bentuk mata ini hanya akan muncul ketika koki berusia 3 tahun ke atas.

Oranda 

Oranda memiliki memiliki bentuk tubuh yang mirip dengan lionhead, akan tetapi orandamemiliki sirip punggung dan ukuranya rata-rata panjang. Kemudian tubuh oranda sedikit lebih panjang dari lionhead. Ikan ini diyakini hasi;l dari kawin-silang koki lionhead dan fantail.

Ranchu 

Ikan mas koki jenis Ranchu Gold Fish dengan tampilan yang tidak biasa ini disebut sebagai "raja ikan mas" oleh orang Jepang. Ranchu adalah hasil dari kawin silang yang berbeda dari Lionhead Cina. Ikan ini tidak memiliki sirip punggung, dan memiliki banyak warna seperti orange, merah, putih, merah putih, biru, hitam, hitam putih, hitam merah, kuning pucat dan kepala merah yang sangat jarang dan langka.

Sisik mutiara (pearlscale)
  
Bentuk tubuhnya secara umum bulat gemuk. Siripnya sebanyak 6 buah dan ukuranya rata-rata pendek. Dari sekian banyak koki hanya jenis inilah yang memiliki sirip unik seperti yang terlihat pada gambar.

Veiltail/Tossakin/Tosa


Ikan tosa ini biasanya dipelihara di kolam, karena keindahannya akan tampak jika di lihat dari atas. Keunggulan koki ini terdapat pada sirip ekornya yang panjang dan melebar melebihi panjang tubuhnya sendiri. Sama seperti koki fantail, jenis veiltail juga memilki sirip sebanyak 6 buah. Dua buah diantarnya sirip dada, dua sirip anus, sebuah sirsip ekor, dan sbuah lagi sirip punggung. Ukuran sirip ini umumnya rata-rata panjang. Bentuk tubuhnya bulat dan gemuk. Gerakannya sangat lambat. Bila ia mulai bergerak tubuhnya gemetar seakan-akan ia tidak mampu mengapungkan badanya. Karena siripnya yang panjang dan gerakannya lemah, maka setiap kali ia berenang sirip-sirip ini ikut bergerak cantik.

Wakin 

Jenis koki yang dijuluki oleh orang jepang dengan nama wakin ini sebetulnya tak lain dari aoki biasa, (common goldfish). Ikan yang memiliki bentuk tidak jauh berbeda dengan ikan karper krusian yang menjadi cikal-bakal koki. Jika karper krusian memanjang dan langsing, maka wakinini memiliki tubuh agak bundar walau pun tidak sebundar tubuh koki yang bisa kita lihat, ekornya pun lebih lebar dan panjang. Jenis wakin ini merupakan mutasi lansung darikarperkrusian merah. Panjang tubuhnya dapat mencapai 20 cm.